7 Pilar Desain Web Minimalis Yang Perlu Diketahui Desainer.

Ada beberapa pilar desain web minimalis yang perlu diketahui desainer, kesederhanaan dalam desain website sering kali di dengungkan oleh para desainer diseluruh dunia. Meskipun minimalis adalah urusan selera, namun website yang minimalis disukai oleh para desainer dan juga klien.
Website yang minimalis adalah website yang tidak memiliki banyak elemen atau dengan kata lain tidak banyak widget, elemen atau warna-warna. Website minimalis berfokus pada informasi yang ingin disampaikan saja. Website minimalis juga banyak menggunakan whitespace atau ruang kosong pada halaman web.
Selain itu website minimalis juga berfokus pada kekuatan tipografi.
Untuk membuat website tentu tidak bisa sembarangan, karena tentu ada pekem-pakem yang sebaiknya di adopsi oleh sang desainer agar hasilnya maksimal dan memiliki arti.
Beriku ini adalah beberapa pilar yang sangat membantu dalam pembuatan desain web minimalis.
1. Negative space
Ini tentu menjadi hal yang paling utama untuk dilakukan jika ingin membuat desain web minimalis, negative space menjadi pilar utama dalam hal ini.
Negatif space tidak melulu background berwarna putih polos, namun terkadang bisa menggunakan background gambar, seperti yang terlihat pada website Lindvall A&D.
Ruang negatif berfungsi untuk memanipulasi aliran visual pengguna. Sebagai aturan, lebih banyak ruang negatif disekitar elemen, maka mata akan semakin ditarik untuk itu.
Selain itu, ruang negatif memungkinkan untuk melakukan organisasi secara lebih komprehensif pada elemen.
2. Foto yang besar dan terlihat hidup
Untuk desainer yang merasa bahwa website minimalis terlalu monoton, maka bisa menambahkan foto berukuran besar untuk menambah sentuhan yang menghibur mata namun tidak mendominasi foreground.
desain web minimalis
Biasanya gambar ukuran besar ini bisa diterapkan di background, atau sebagai header. Dalam dunia desain biasa dikenal dengan hero image atau hero headers.
Namun, parlu diingat satu tip kunci ketika memilih foto: Semua karakteristik minimalis visual harus hadir dalam foto. Sebagai contoh Anda bisa memilih gambar dengan resolusi bagus namun memiliki ruang kosong yang cukup banyak seperti gambar awan pada bagian atas, atau dinding putih.
3. Tipografi yang dramatis
desain web minimalis 2
Selain gambar besar yang memiliki banyak ruang kosong, tipografi juga penting dalam desain web minimalis. Pilih jenis font yang bagus dan cocok dengan desain yang dibuat. Ukuran yang cukup besar juga bisa jadi senjata utama dalam menggunakan tipografi pada desain web minimalis.
Tipografi membawa fokus langsung ke kata-kata dan konten, tipografi secara visual bisa menarik perhatian pengunjung.
4. Kontras yang indah
Latar belakang putih adalah salah satu pilihan yang populer di kalangan desainer minimalis karena itu menjadi kanvas yang sangat cocok untuk kontras. Sebuah penanda dari desain web minimalis, latar belakang hitaam atau putih biasanya dilapisi dengan unsur warna-warni kecil atau gambar yang mencolok.
Seperti yang dinyatakan dalam Web Design for Human Eye, desainer dapat membuat kontras dengan warna, ukuran, bentuk, lokasi dan skala. Kontras memberikan perhatian ke elemen desain tertentu, namun juga membantu menciptakan hirarki visual yang mudah dikenali.
Sebagai contoh, website fotografi Jorge Rivera menggunakan kontras dalam cara yang sangat baik yang mengubah halaman demi halaman. Pada homepage, kanvas putih besar disertai dengan garis navigasi yang simpel serta gambar besar, dan bagian bawah dengan garis tebal dan terlihat berani.
5. Navigasi yang simpel
Menggunakan bentuk navigasi yang simpel akan sangat cocok dengan website minimalis. Penggunaan hamburger menu tentu akan bisa memangkas jumlah elemen UI.
Sebelum Anda menerapkan menu hamburger untuk membantu menyederhanakan antarmuka, pastikan Anda melakukannya untuk alasan yang tepat. Adobe UX Designer, Sandyha Talwalker menunjukan, pertama pahami fungsi primer, sekunder dan tersier di balik desain navigasi.
Perlu di ingat juga bahwa hamburger menu juga mengakibatkan navigasi sulit untuk ditemukan atau jadi kurang terlihat, apalagi untuk pengunjung yang sudah berumur cukup tua, seperti dijelaskan Linn Vizard dari Usability Metter.
Pahami pengguna dan konteksnya, kemudian putuskan apakah penggunaan hamburger menu cocok untuk website Anda. Jangan melakukan itu hanya karena terlihat trendi.
6. Harmonisasi visual
Agar lebih efektif, sebuah framework desain minimalis membutuhkan backbone yang solid. Komponen utama dari organisasi visual yang mencakup grid yang kuat, keseimbangan visual, dan memperhatikan keselarasan.
Sebuah grid yang kuat adalah dasar dari organisasi. Grid dibangun melalui taktik untuk menggunakan ruang negatif (negative space), memungkinkan desainer untuk menempatkan dan mengatur elemen dengan tujuan komunikasi yang baik.
Grid juga penting untuk memperjelas keselarasan yang tidak sama dengan keterpusatan konten.
Ketika membuat desain minimalis banyak orang menempatkan konten di tengah layar, namun itu bukan solusi. Elemen dapat disejajarkan disepanjang grid, teks, secara khusus dapat disejajarkan ke kiri, kanan atau tengah.
Membuat desain minimalis, banyak orang melompat ke konsep simetris, tapi ini bukan suatu keharusan. Karena konten belum tentu akan terlihat sedehana, cara yang paling populer untuk mencapai ini adalah melalui pasangan elemen besar dan kecil yang seimbang satu sama lain.
7. Evolusi flat design
Meskipun awalnya didefinisikan dengan banyaknya warna-warna cerah, flat design sekarang sudah semakin melunak dan kini bekerja dengan sangat baik dengan framework minimal.
Teknik jala karena serupa dengan perencanaan visual dan dalam penggunaan konten itu sendiri.
Ketika membandingkan antara flat design dan desain minimalis, seorang desainer dan blogger Addison Duvall mendeskripsikan dengan analogi makanan.
“Jika flat desain adalah bahan baru yang trendi yang digunakan disemua restoran paling keren, maka desain minimalis adalah buku resep klasik yang paling baik dimana koki terbaik semua berkonsultasi ketika muncul ide-ide baru untuk dihidangkan.”
Karena desain flat adalah estetika visual sedangkan minimalis adalah filosofi desain, Anda dapat menikmati yang terbaik dari kedua dunia tersebut ketika Anda menggabungkan teknik-teknik dari setiap disiplin ilmu tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Pilar Desain Web Minimalis Yang Perlu Diketahui Desainer."

Posting Komentar